Indahnya Tanjung Ringgit , Pulau Lombok Timur

Seandainya dihitung hitung sudah tiga kali saya menuju Tanjung Ringgit, dengan weekend tersebut yaitu kali menuju 4 saya terdampar di ujung tenggara Pulau Lombok ini, pasti saja juga suasana juga rekan travelling yang berbeda. Nah, selepas senang memanfaatkan keindahan Tanjung Ringit, Wisata Lombok sekarang giliran saya untuk berbagi keindahan Tanjung Ringgit kepada kalian. Cuma tips, kepada yang mempelajari pernah menuju Tanjung Ringgit serta pengen kesana, berada bermacam sesuatu yang butuh dipersiapkan juga dikenal lho, simak ya :

LOKASI juga RUTE.
Tanjung Ringgit itu letaknya pada ujung tenggara Pulau Pulau Lombok (tunggu Peta), wisata di lombok  masuk pada Wilayah Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Pulau Lombok Timur. Untuk mencapai lokasi ini dapat memanfaatkan kendaraan Pribadi (mobil atau motor) atau kendaraan sewaan, dikarenakan tidak berada angkutan umum setelah sana. Rute ke Tanjung Ringgit yaitu Mataram – Praya – Jerowaru. wisata ke lombok Di jalur Praya – Jerowaru nanti anda bakal melewati dua Pom Bensin pada sebelah kanan. Nah tetangga 100 meter setelah Pom Bensin yang kedua, berada Pertigaan Jerowaru, beloklah menuju kanan, ikuti saja jalur ini terus (alternatif aspal bagus) sampai ketemu Pasaran Jor Jerowaru, dari situ beloklah ke kanan, Wisata lombok murah sesudah ketemu pertigaan lagi, terus belok menuju kiri, ikuti jalurnya sampai ketemu pertigaan yang memisahkan jalur Tanjung Ringgit dan Pantai Surga, ambil lurus saja, dikarenakan seumpamanya menuju kanan nanti bakal hingga Pantai Surga. paket wisata lombok  Nanti akan ketemu pertigaan lagi, jika lurus bakal setelah menuju Pantai Kaliantan (tindakan aspal baik), nah kita wajib belok kiri pindah dari aspal, tindakan mulai rusak, dengan sesekali berada kubangan air besar di tengah alternatif. Ikuti saja jalan tersebut setelah usai, kalau ada pertigaan, tetep aja lurus, kira kira ada sekitar 15 KM kita disiksa jalur ancur ini. Pesan saya, jangan milik mobil jenis sedan deh, dijamin gak akan sesudah TKP. Andai telah memperhatikan Mercusuar, tandanya anda sudah sesudah Tanjung Ringgit.

Rute Mataram – Tanjung Ringgit (Garis Merah)

Kondisi Jalan Menuju Tanjung Ringgit

Mercusuar dari kejauhan

PERLENGKAPAN.
Karena pada sekitaran Tanjung Ringgit tidak ada fasilitas wisata apapun, menjadi anda diwajibkan mempersiapkan para dari rumah.
Bawa minuman sebanyak banyaknya. Pada teriknya Tanjung Ringgit saya jamin kalian akan dehidrasi tangkas seumpamanya persediaan air kurang. Selain tersebut Pada Tanjung Ringgit tak ada warung seorang juga. Lebih fit bahwa kalian menuju Tanjung Ringgit sekaligus bawa Tikar dan Makanan besar (nasi dll), selanjutnya gelar tikar di bawah pohon, makan siang sambil menggunakan indahnya tanjung ringgit diiringi debur ombaknya. Ajiib.

Pakai sunblock untuk mencegah kulit kalian belang belang.
Kamera. Ke Tanjung Ringgit gak bawa kamera sama saja dengan malam pekan tetapi gak berada patjar, gak lengkap, gak sempurna rasanya. Sayang banget rasanya ke sini sekedar tunggu lihat aja tanpa jepret jepret.
Di sesi bawah (sebelah kanan jalur pejalan kaki),paket wisata lombok murah  ada mirip sumur kecil buatan manusia, kepada semua penggembala kerbau disini, air di sumur itu tawar lho. Heran dengan saya, sumur pada dasar tebing yang notabene tempatnya sangat dekat dengan air laut yang asin.

Selain alamnya yang mengundang decak kagum, Tanjung Ringgit dengan menyimpan sejarah lho. Pada sini terdapat Meriam peninggalan Jepang. Dulu saat pertama kali ke Tanjung Ringgit, saya keok menemukan lokasi Meriam tersebut. Dengan saya pun menemukan lokasi meriam itu pada paket wisata lombok murah kunjungan kedua, umumnya tempatnya berada di pinggir jalur wisatawan (jalur yang terbentuk tetapi kendaraan yang menelusuri), di tengah tengah Tanjung Ringgit, dalam balik semak semak. Meriam tersebut masih terlihat kokoh menghadap laut, tetapi sayangnya penuh coretan sana sini tetapi orang orang yang tidak bertanggung ungkap.

Selain meriam, dan terdapat suatu goa yang cukup besar. Ini sebagai kunjungan saya yang ke 4 ke Tanjung Ringgit, dengan itu yaitu yang pembuka saya mampu menemukan lokasi Goa nya, berkat bantuan bapak bapak penggembala kerbau yang baik hati. Realitasnya lokasinya ada pada ujung Tanjung, pokoknya ikuti saja jalur yang terbentuk setelah ujung, letaknya di balik semak semak dengan (tetapi jauh dari meriam). Bursa goa nya berada pada atas, tidak pada bawah pantai, dekat juga bibir tebing, tetapi Saya bukan tertarik untuk masuk goa dikarenakan bau nya gak enak, dominan kotoran kelelawar.

Melihat begitu besar potensi tamasya dalam lokasi tersebut, tetap disayangkan ya objek tamasya itu terbengkalai, benar benar tak dirawat dengan dikembangkan. Beberapa spot yang bisa dikembangkan :

Mercusuar. Mencoba dikembangkan ialah tempat wisata di lombok demi melihat Tanjung Ringgit dari kontra, jadi pengunjung mampu naik, dengan melihat panorama Tanjung Ringgit dari Kejauhan.
Sumur air tawar. Nah coba dibuatkan cara menuju ke bawah ke lokasi sumur ini, pada akhirnya wisatawan dapat turun juga aman.
Meriam Jepang. Letaknya yang berada pada balik semak semak, paket wisata lombok murah pelancong yang mempelajari kenal pasti bakal melewatakan objek yang satu tersebut, jikalau semak semak tersebut dibersikan, meriam dipagari, dan dirawat, sangat bakal jadi sangat elok juga gagah meriam itu.
Goa Para raja. Ini begitu juga merupakan satu diantaranya daya tarik yang luar sering, Berada goa yang letaknya pada ujung Tebing, mencoba bayangkan, keren abis. Bisa dibuatkan jalan/tangga turun menuju goa nya, dipasang semacam lampu supaya wisatawan mampu masuk tanpa kegelapan dll.
Selain ini juga butuh dibuatkan beberapa berugak deh, mengingat demikian panasnya lokasi itu, berugak ini sukses digunakan untuk bersantai seluruh pelancong tanpa takut kepanasan terbakar matahari.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s