PESONA Lombok TIMUR: AWAS NAKSIR Dalam PULAU PASIR!

Iya begitulah datangnya fakta soal keindahan Lombok yang sekarang sedang hangat diperbicangkan tetapi para pelancong nusantara maupun pengunjung manca tempat, terutama segala traveller juga backpacker. Kelengkapan destinasi tamasya alam yang ditawarkan juga sangat banyak pilihannya mencurahkan mereka alasan untuk menciptakan Pulau Lombok ialah destinasi liburan nomor satu. Sejak bawah laut setelah kontra laut, dari diving sampai hiking semuanya ada! Ratusan pantai serta gili, puluhan air terjun, pun Gunung Rinjani ada hebat di pulau berjuluk Pulau Seribu Masjid tersebut.

Berawal dari Wikipedia, Pulau Pasir, atau Gosong Pasir, atau Gosong saja, yaitu bentukan daratan yang terkurung atau menjorok di suatu perairan, biasanya terbentuk dari pasir, geluh juga atau kerikil. Bentukan geografi ini telah tersaji akibat adanya aliran dangkal juga sempit sehingga memungkinkan pengendapan material ringan dan mengarah pada pendangkalan tubuh air. Gosong mampu terbentuk dalam laut maupun danau. Ukuran gosong, yang biasanya memanjang, bisa segala meter setelah ratusan kilometer, membentuk “penghalang” pantai. Gosong bisa tenggelam jikalau telah pasang naik dan membahayakan pelayaran.

Gili Gosong. Perjalanan dimulai dari Mataram – Kediri – Praya – Mujur – Ganti – Keruak – Tanjung Luar. Kondisi tempuh perjalanan dari Mataram menuju Tanjung Luar sekitar dua,5 jam memanfaatkan mobil. Pelabuhan Tanjung Luar Lotim, harga nyeberang Rp400rb/boat minor, Rp600rb/boat besar (pakai atap). Keliling sepuasnya menuju segala pulau gili yang berada seperti Pulau gili Gosong, Gili Kere/Kahona, Pulau gili Maringkik, Pulau gili Bembek, serta Gili Petelu! Oya andai gak berhasrat repot bawa2 makanan dari rumah, boatman membuka menu2 seafood yg siap disantap lho. Rp65rb/org kenyang!

Panorama alam perairan Tanjung Luar dalam Kabupaten Pulau Lombok Timur terpampang mengagumkan dari Pulau gili Gosong. Gagahnya Gunung Rinjani diselimuti awan putih dan langit biru semakin mempesona siapapun yang memandangnya. Ukuran Gili Gosong yang ‘hanya’ seluas lapangan futsal mencetak pelancong merasa mirip tersesat dalam pulau pasir minor yang dikelilingi lautan luas. Event yang dapat dipertemukan merupakan berenang, berjemur dalam pasir, dan foto2 narsis sekeliling pulau minor itu. Saat air laut surut, kita dapat melihat alternatif pasir yang tembus setelah Pulau gili Kere di seberangnya. Keren!

Gili Kapal. Kenapa dinamakan Gili Kapal? Infonya dulu dominan kapal sering menabrak pulau pasir itu karena bukan kelihatan saking kecilnya juga bisa timbul tenggelam terserah pasang surut air laut. Ke menuju pulau pasir yang satu tersebut wajib menyebrang memakai kapal boat dari Dermaga Taman Liburan Pulau gili Lampu yang letaknya di Desa Padak Guar Kecamatan Sambelia Kabupaten Pulau Lombok Timur. Rute dari Mataram – Narmada – Kopang – Masbagik – Pringgabaya – Sambelia – Dermaga Taman Wisata Pulau gili Lampu bisa ditempuh pada kala tetangga 2,5 jam perjalanan menikmati kendaraan roda empat. Banyak lokasi penyebrangan ke pulau-pulau sampingan (pulau gili) dalam Sambelia seperti Gili Kondo, Gili Bidara, Pulau gili Petagan, juga Pulau gili Kapal. Dapat menyeberang menempuh Pantai Pidana, Pantai Pulau gili Lampu serta Dermaga Taman Berlibur Pulau gili Lampu. Harga nyeberang bervariasi diantara Rp. 250rb – Rp. 375rb per kapal boat. Kemarin blimin dapat biaya Rp. 325rb berlima orang seorang kapal boat keliling para gili yang dilengkapi jaket pelampung dan asuransi resmi. Bisa sih bisa harga murah memakai kapal boat pribadi seluruh nelayan tetapi risiko keselamatan tanggung juga ya 🙂

Seumpamanya berhasrat mendatangi Gili Kapal, maka diharuskan siap-siap bangun pagi! Kenapa? Sebab gili tersebut sekedar berada pada saat air laut sedang surut merupakan dalam pagi juga sore hari. Pagi hari sebagai kondisi paling baik mengunjungi pulau gili ini. Pantulan cahaya matahari mencetak birunya air dalam Gili Kapal menjadi sempurna. Kepada yang doyan snorkeling usahakan meraih peralatan pun ya walaupun ada begitu juga penyewaan media snorkeling seharga Rp. 25rb. Bisa diving begitu juga lho… Di sekeliling gili tersebut pesona bawah airnya cukup cakep coral juga terumbu karang dan ikan-ikan kecil beberapa warna.

Menghabiskan saat untuk sekadar berfoto selfie atau narsis dalam Pulau gili Kapal bukan bakal mati style dikarenakan di setiap sudutnya dapat dijadikan latar demi berfoto. Sebelah barat bisa berlatar lereng Gunung Rinjani dan Gili Petagan, sebelah timur ada Pulau Sumbawa yang terasa tetap dekat. Sebelah utara ada Selat Alas dan di sebelah selatan ada Gili Kondo. Jadi, puas-puasin menjadi koreografer kepada dirimu pun atau bersama orang-orang terdekatmu pada sini 🙂

Dewasa ini selain Gili Gosong di Desa Tanjung Luar Kecamatan Keruak Kabupaten Lombok Timur dengan Gili Kapal di Desa Padak Guar Kecamatan Sambelia Kabupaten Lombok Timur, tetap ada beraneka pulau pasir atau gosong pasir dalam Pulau Lombok! Pulau sampingan yang semua daratannya berupa pasir yang dapat muncul serta tenggelam sesuai pasang surut air laut. Ditemukan ada pulau pasir selanjutnya yaitu pada Biras Bosang Dusun Pengantap Desa Buwun Mas Kecamatan Sekotong Kabupaten Pulau Lombok Barat, Gosong Pasir di dekat Pantai Sira Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s